Perajin Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Lampung Barat . Kampung Tumang, Boyolali berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tersebut diketahui sbg sentra perajin seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali. Lebih dari satu saudara Jateng mendirikan usaha rumahan kerajinan kuningan buat dijual ke banyak pasar. Ketrampilan menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, teko, serta lain-lain walau demikian kini telah bertolak ke kerajinan kuningan buat kebutuhan dekorasi cafe, rumah, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Boyolali, sekarang ini, mulai menarik dg meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di Indonesia serta manca negara. Orderan kerajinan kuningan bertambah cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya merupakan adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi internet maka mau memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah serta manca negara. Teknologi internet begitu memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tangerang. Tidak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke payakumbuh.



Contoh Kerajinan Tembaga merupakan robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat mempunyai design sendiri kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan begitu beragam walau demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini merupakan lebih dari satu faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya juga murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya tentu saja mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Problem lainnya, ahli Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dpt mendapatkan harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh disebabkan tersebut, produsen kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan diwajibkan inovatif serta diwajibkan menyesuaikan permintaan masyarakat. Kini AA Gallery tidak sekedar mendapatkan pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior rumah tetapi telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu saja melainkan cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari palu. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui cara guna menghasilkan seni logam yang bermutu serta cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

BACA JUGA :   Pengusaha Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Lampung Tengah