Sekilas membaca judul artikel ini “Kerajinan Tembaga Patung Sayyang Pattudu (Kuda Menari)” tentu sudah banyak yang mengetahui bahwa yang akan dibahas kali ini adalah Seni Tari Sayyang Pattudu dari Sulawesi Barat. Sayyang Pattudu adalah seni tari kuda dengan berpenunggang anak-anak masyarakat Polewali Mandar yang telah mengkhatamkan Al-Qur’an. Dalam seni tari Sayyang Pattudu kita akan menjumpai kuda yang menari mengikuti irama rebana dan hanya irama rebana saja yang bisa membuat kuda menari. Dalam acara Sayyang Pattudu, kuda yang berpenunggang anak-anak yang khatam Al-Qur’an akan diarak keliling kampung. Dan tentu saja acara tersebut akan memberikan hiburan dan motivasi (khatam Al-Qur’an) bagi masyarakat Mandar. Acara Sayyang Pattudu biasanya dilakukan setiap setahun sekali. Budaya Sayyang Pattudu perlu kita apresiasi dan lestarikan karena Sayyang Pattudu merupakan budaya yang mengapresiasi anak-anak masyarakat Polewali Mandar yang telah berprestasi mengkhatamkan Al-Qur’an.

Beberapa waktu yang lalu AAGallery mendapatkan kepercayaan dari pemerintah kabupaten Polewali Mandar untuk membuat Kerajinan Tembaga Patung Sayyang Pattudu (Kuda Menari). Kerajinan Tembaga Patung Sayyang Pattudu tersebut menjadi ikon budaya kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat karena tidak akan dijumpai di daerah lain. AAGallery merasa bangga karena dipercaya untuk ikut serta berpartisipasi dalam mengingatkan budaya Sayyang Pattudu (Kuda Menari) agar tidak dilupakan oleh generasi penerus melalui seni kerajinan patung dari tembaga. AAGallery merupakan produsen kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan yang terpercaya dan sudah beroperasi sejak tahun 1990, sehingga setiap karya AAGallery memiliki kualitas yang terbaik. Demikian juga Kerajinan Tembaga Patung Sayyang Pattudu (Kuda Menari) tersebut juga dibuat dengan ketelitian dan kehati-hatian sehingga menghasilkan karya yang indah dilihat. AAGallery selalu burusa mengerjakan setiap proyek dengan profesional.

Jika anda ingin melihat hasil karya Kerajinan Tembaga Patung Sayyang Pattudu (Kuda Menari), anda bisa datang langsung ke Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Namun jika anda tidak ada waktu dan kesempatan kesana maka anda bisa melihat beberapa dokumentasi Kerajinan Tembaga Patung Sayyang Pattudu sebelum dipasang berikut ini: